Penganut Paham Johan Cruyff, Quique Setien Jamin Barcelona Main Cantik


NewsTerpercaya9999 - - Quique Setien menjamin para penggemar Barcelona bahwa Lionel Messi dkk akan memainkan sepakbola yang cantik. Baginya, itu adalah cara terbaik untuk menang.

Setien resmi diperkenalkan sebagai pelatih baru Barcelona pada Selasa (14/1/2020) kemarin. Ia menggantikan Ernesto Valverde yang dipecat setelah 2,5 menjabat posisi tersebut.

Meski tak punya riwayat dengan Barcelona sebelumnya, Setien merasa punya kedekatan tersendiri dengan klub Catalunya tersebut. Ia adalah penggemar berat paham sepakbola Johan Cruyff, yang jadi sosok legendaris di Barcelona.

Cruyff, yang mengantarkan Barcelona juara Liga Spanyol empat kali beruntun pada 1991-1994, menjadi peletak fondasi filosofi permainan Blaugrana. Nah, Setien merasakan sendiri bagaimana payahnya menghadapi Barcelona-nya Cruyff, Agen Poker.

Ia masih bermain sebagai gelandang ketika menghadapi tim impian Barcelona polesan Cruyff. Dia melihat langsung bagaimana Barcelona bermain dan kerepotan mengejar bola serta mengantisipasi pergerakan Pep Guardiola dkk pada waktu itu.

Sejak saat itu Setien mempelajari sepakbola Cruyff dan Barcelona, untuk menerapkannya di tim-tim yang ditanganinya. Ia mendapatkan apresiasi karena keberaniannya dan punya arogansi untuk memainkan sepakbola menyerang nan atraktif ala Cruyff.

Real Betis misalnya, tim terakhir yang dipoles Setien, bisa mengalahkan Barcelona 4-3 di Camp Nou pada November 2018 silam, dengan gaya main yang lebih Barcelona dari sang tuan rumah. Betis-nya Setien menjadi tim terakhir yang mampu mengalahkan Barcelona di Camp Nou hingga saat ini.

Tim Betis ini pula yang mengalahkan Real Madrid di Santiago Bernabeu dalam dua musim beruntun pada 2017/2018 dan 2018/2019. Jika penggemar Barcelona sebelumnya merasa gaya sepakbola tim mereka sudah memudar di bawah Valverde, maka kini bisa antusias dengan kedatangan Setien.

"Saya bisa menjamin bahwa tim saya akan memainkan sepakbola yang bagus. Saya sudah menunjukkan itu di tim-tim lain yang pernah saya tangani," ungkap Setien di situs resmi klub.

"Kemenangan datang dari permainan bagus. Cara terbaik untuk menang adalah memainkan sepakbola yang bagus dan saya ingin mempertahankan itu untuk waktu yang lama."

"Saya sudah selalu menikmati permainan Barcelona dari luar, di televisi. Saya sudah menganalisis gaya permainan Barcelona, saya akan menambahkan sentuhan dan detail-detail saya. Saya suka DNA Barcelona," tandasnya.

sumber: detik.com

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.